PERMAINAN HITAM-HIJAU DENGAN MODIFIKASI
A.
Nama Permainan
Permainan Hitam
Hijau
B.
Pengertian
Permainan Hitam Hijau merupakan
suatu permainan tradisional yang dimainkan oleh 2 tim, masing-masing tim
minimal beranggotakan 5 orang. Sebetulnya, permainan ini sangat sederhana dan
mudah sekali untuk dimainkan, yaitu dengan berlari sampai ke garis finish
apabila nama timnya disebutkan. Namun dengan memberikan sedikit modifikasi,
game tradisional ini dapat dimainkan dengan lebih menantang. Permainan Hitam
Hijau yang telah dimodifikasi tersebut bertujuan untuk mengumpulkan nilai
dengan memasukkan bendera yang dibawa pemain ke daerah lawan dan jumlah lawan
menangkap pemain.
C.
Sarana Prasarana Bermain
1.
Lapangan, berupa sebidang lahan berbentuk persegi panjang
dengan ukuran 10x5 meter.
2.
Kapur, untuk menggambar daerah safe spot maupun garis-garis
batas pada lapangan.
3.
Bendera, tiap anggota tim membawa satu bendera sesuai dengan
warna timnya (bendera hitam dan bendera hijau).
4.
Tempat menaruh bendera, dapat berupa botol minuman mineral
atau sejenisnya. Tempat untuk menaruh bendera milik masing-masing tim
diletakkan di daerah lawannya.
5.
Peluit dan stopwatch.
D.
Cara Bermain
1.
Dalam permainan ini akan dibagi menjadi 4 tim yaitu tim
hijau 1 dan hijau 2, hitam 1 dan hitam 2.
2.
Yang menjadi wasit adalah siswia yang tidak ikut dalam
permainan akan dipilih untuk menjadi wasit.
3.
Satu tim bernama tim hijau dan yang satu bernama tim hitam.
4.
Anggota tim berpencar di area masing-masing untuk
memposisikan diri. Semua anggota kelompok membawa bendera sesuai dengan warna
timnya untuk diletakkan pada tempatnya di daerah lawan.
5.
Tim yang disebut namanya ketika permainan berlangsung
merupakan regu yang dikejar. Misal bila wasit meneriakkan
"hiiiiiiiiiiiitam" maka tim yang berlari adalah tim hitam dan tim
hijau mengejar anak dalam tim hitam sampai tertangkap. Demikian pula
sebaliknya, bila wasit meneriakkan aba-aba "hiiiiiiiiiijau" maka tim
hijau harus berlari menghindari kejaran regu hitam.
6.
Tim yang sedang dikejar harus meletakkan bendera di area
lawan. Mereka dapat menyelamatkan diri untuk sementara waktu di dua titik yang
ada di masing-masing wilayah tim, yang disebut “safe spot”.
7.
Satu babak selesai setelah kedua kelompok dipanggil secara
bergantian. Permainan berakhir apabila waktu telah habis, yaitu 2 babak.
8.
Sistem pelaksanaan permaianan yaitu tim yang menang akan
melawan tim yang menang pula pada babak selanjutnya, dan sebaliknya sampai
menemukan juara 1, 2, 3, dan 4.
E.
Aturan Permainan
1.
Dalam meneriakkan aba-aba diusahakan wasit memperpanjang
suku kata pertama karena kedua kata (yaitu hitam dan hijau) mempunyai suku kata
yang sama. Tujuan memperpanjang intonasi aba-aba adalah untuk meningkatkan
konsentrasi dalam permainan.
2.
Siswa laki-laki dilarang menangkap siswa perempuan,
sedangkan siswa perempuan diperbolehkan menangkap siswa laki-laki maupun siswa
perempuan lain.
3.
Dua area safe spot digunakan oleh regu yang sedang dikejar,
yang masing-masing hanya boleh digunakan maksimal 2 orang.
4.
Anggota tim yang berada di safe spot dapat keluar dan
digantikan oleh anggota lain yang tengah dikejar.
5.
Waktu permaianan dalam 1 babak adalah 5 menit.
6.
Jika salah satu anggota tim yang tertangkap maka permainan
di ulang kembali.
7.
Anggota tim yang sudah tertangkap, benderanya tidak dapat
digunakan kembali. Akan tetapi, dia harus membantu kelompoknya ketika
kelompoknya menjadi pengejar, jka klompoknya menjadi pelari maka dia boleh
melanjutkan permainan tetapi dengan syarat tidak memawa bendera (tidak membawa
nilai).
F.
Sistem Penilaian
Masing-masing
tim mendapat poin dari bendera yang dikumpulkan. Tiap bendera yang dapat
diletakkan di tempatnya akan mendapat 2 poin, jika tim yang dikejar tertangkap
maka regu pengejar memperoleh 1 poin.
G.
Tujuan dan Manfaat Permainan
1. Melatih
konsentrasi, yaitu saat wasit menyebut nama tim dibutuhkan konsentrasi agar tidak
keliru apakah harus mengejar atau dikejar.
2. Melatih
kelincahan dan kecepatan saat berlari dan menghindari lawan.
3. Meningkatkan
kerja sama antar kelompok, yaitu saat menyelamatkan anggota timnya yang ditawan
4. Sebagai
sarana refreshing.
Gambar Lapangan Hitam Hijau
PEROLEHAN POIN
Hitam
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
Hijau
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar