SELAMAT DATANG DI BLOG ILMU TAMBAHAN ING NGARSO SUNG TULODO, ING MADYO MANGUN KARSO, TUT WURI HANDAYANI

PERMAINAN TERADISONAL BERSIFAT REKREASI

PERMAINAN HITAM-HIJAU DENGAN MODIFIKASI

A.    Nama Permainan
            Permainan Hitam Hijau
B.     Pengertian
Permainan Hitam Hijau merupakan suatu permainan tradisional yang dimainkan oleh 2 tim, masing-masing tim minimal beranggotakan 5 orang. Sebetulnya, permainan ini sangat sederhana dan mudah sekali untuk dimainkan, yaitu dengan berlari sampai ke garis finish apabila nama timnya disebutkan. Namun dengan memberikan sedikit modifikasi, game tradisional ini dapat dimainkan dengan lebih menantang. Permainan Hitam Hijau yang telah dimodifikasi tersebut bertujuan untuk mengumpulkan nilai dengan memasukkan bendera yang dibawa pemain ke daerah lawan dan jumlah lawan menangkap pemain.

C.    Sarana Prasarana Bermain
1.      Lapangan, berupa sebidang lahan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 10x5 meter.
2.      Kapur, untuk menggambar daerah safe spot maupun garis-garis batas pada lapangan.
3.      Bendera, tiap anggota tim membawa satu bendera sesuai dengan warna timnya (bendera hitam dan bendera hijau).
4.      Tempat menaruh bendera, dapat berupa botol minuman mineral atau sejenisnya. Tempat untuk menaruh bendera milik masing-masing tim diletakkan di daerah lawannya.
5.      Peluit dan stopwatch.

D.    Cara Bermain
1.      Dalam permainan ini akan dibagi menjadi 4 tim yaitu tim hijau 1 dan hijau 2, hitam 1 dan hitam 2.
2.      Yang menjadi wasit adalah siswia yang tidak ikut dalam permainan akan dipilih untuk menjadi wasit.
3.      Satu tim bernama tim hijau dan yang satu bernama tim hitam.
4.      Anggota tim berpencar di area masing-masing untuk memposisikan diri. Semua anggota kelompok membawa bendera sesuai dengan warna timnya untuk diletakkan pada tempatnya di daerah lawan.
5.      Tim yang disebut namanya ketika permainan berlangsung merupakan regu yang dikejar. Misal bila wasit meneriakkan "hiiiiiiiiiiiitam" maka tim yang berlari adalah tim hitam dan tim hijau mengejar anak dalam tim hitam sampai tertangkap. Demikian pula sebaliknya, bila wasit meneriakkan aba-aba "hiiiiiiiiiijau" maka tim hijau harus berlari menghindari kejaran regu hitam.
6.      Tim yang sedang dikejar harus meletakkan bendera di area lawan. Mereka dapat menyelamatkan diri untuk sementara waktu di dua titik yang ada di masing-masing wilayah tim, yang disebut “safe spot”.
7.      Satu babak selesai setelah kedua kelompok dipanggil secara bergantian. Permainan berakhir apabila waktu telah habis, yaitu 2 babak.
8.      Sistem pelaksanaan permaianan yaitu tim yang menang akan melawan tim yang menang pula pada babak selanjutnya, dan sebaliknya sampai menemukan juara 1, 2, 3, dan 4.

E.     Aturan Permainan
1.      Dalam meneriakkan aba-aba diusahakan wasit memperpanjang suku kata pertama karena kedua kata (yaitu hitam dan hijau) mempunyai suku kata yang sama. Tujuan memperpanjang intonasi aba-aba adalah untuk meningkatkan konsentrasi dalam permainan.
2.      Siswa laki-laki dilarang menangkap siswa perempuan, sedangkan siswa perempuan diperbolehkan menangkap siswa laki-laki maupun siswa perempuan lain.
3.      Dua area safe spot digunakan oleh regu yang sedang dikejar, yang masing-masing hanya boleh digunakan maksimal 2 orang.
4.      Anggota tim yang berada di safe spot dapat keluar dan digantikan oleh anggota lain yang tengah dikejar.
5.      Waktu permaianan dalam 1 babak adalah 5 menit.
6.      Jika salah satu anggota tim yang tertangkap maka permainan di ulang kembali.
7.      Anggota tim yang sudah tertangkap, benderanya tidak dapat digunakan kembali. Akan tetapi, dia harus membantu kelompoknya ketika kelompoknya menjadi pengejar, jka klompoknya menjadi pelari maka dia boleh melanjutkan permainan tetapi dengan syarat tidak memawa bendera (tidak membawa nilai).

F.     Sistem Penilaian
Masing-masing tim mendapat poin dari bendera yang dikumpulkan. Tiap bendera yang dapat diletakkan di tempatnya akan mendapat 2 poin, jika tim yang dikejar tertangkap maka regu pengejar memperoleh 1 poin.

G.    Tujuan dan Manfaat Permainan
1.      Melatih konsentrasi, yaitu saat wasit menyebut nama tim dibutuhkan konsentrasi agar tidak keliru apakah harus mengejar atau dikejar.
2.      Melatih kelincahan dan kecepatan saat berlari dan menghindari lawan.
3.      Meningkatkan kerja sama antar kelompok, yaitu saat menyelamatkan anggota timnya yang ditawan
4.      Sebagai sarana refreshing. 



Gambar Lapangan Hitam Hijau


PEROLEHAN POIN

Hitam
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24



Hijau
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar